8 Lagu Tema Ahli gusti WWE Terbaik Sepanjang Masa

World Wrestling Entertainment (WWE) selalu dikenal sebagai drama ahli gusti penuh plot ala-ala lakonan atau buat-buatan. Walaupun ramai orang tahu ia adalah “sukan gusti” tapi tak lebih daripada berunsur cuma hiburan, namun lebih dari tiga dekad ahli gusti profesional telah beri kita kenangan manis. Termasuk lagu-lagu tema ori paling terkenal sepanjang sejarah television moden.

Sejak Monday Night RAW ditayangkan Januari 1993, WWE menampilkan ratusan lagu untuk menemani adegan masuk setiap ahli gusti mereka beberapa lagu adalah hard rock usang dari band terkenal, tapi kebanyakan tema lagu ori yang memang dibuat secara spesifik untuk menemani karakter setiap dari mereka.

Komposer Jim Johnston adalah penulis lagu utama WWE selama lebih dari tiga dekad, dan lagu-lagu bikinannya sering mendarat di chart Billboard. Pada bulan November 2002, soundtrack WWE Anthology bahkan sempat menduduki peringkat puncak tangga lagu terpopular selama 17 minggu.

Lagu tema memainkan peran penting dalam membangun karakter ahli gusti, tak kira mana ahli gusti sekalipun contoh tema lagu muzik The Undertaker, yang memberikan mood menyeramkan sesuai keinginan, atau musik Hulk Hogan, yang secara jelas menjelaskan ahli gusti ini berjuang demi Amerika.

Mari kita Lihat Lagu Tema Ahli Gusti Paling Terbaik Sepanjang Masa

8.Edge

Lagu tema WWE yang diciptakan di tahun 2000an dan awal 2010 memang banyak yang pelik, tapi lagu tema Edge terhasil menembus batas waktu—sebahagian besar disebabkan karakter Edge yang juga bertahan lama. Dipaksa pencen awal akibat cedera, Edge gantung sepatu di puncak kariernya. Muziknya, yang mengandungi elemen vokal post-grunge dan riff gitar lebay, sekarang terdengar mengandungi kepahitan dan kesedihan terutama ketika baris tragis ini dinyanyikan, “I’ll never long for what might have been.”

7.Hulk Hogan

Karakter Hulk Hogan yang menyerupai G.I.Joe membuatnya menjadi pahlawan sejati dan nama besar di akhir 80an dan awal 90an. Lagu tema Hogan, di mana dia menyatakan cintanya menjadi “warga Amerika sejati” yang akan membela pencinta kebebasan, adalah inti popularitinya. Ketika Hogan keluar dan berjanji “berjuang demi hak-hakmu,” kamu pasti jatuh cinta dan percaya kepadanya.

6.Chris Jericho

“Break Down the Wall” milik Chris Jericho adalah salah satu lagu tema ahli gusti profesional yang paling dikenali. Karier panjang Jericho dalam WWF/WWE telah membuat lagu ini hit melintasi generasi sama seperti lagu tema The Rock dan melalui beberapa versi dan suntingan selama dua dekad. Jim Johnston, komposer residensial WWE, sempat mengalami kesuksesan dengan lagu-lagu rap-rock dalam Attitude Era di akhir 90an, menciptakan lagu hits lewat Jericho, Degeration X, dan Vince McMahon.

5.Triple H

Dalam lautan lirik murahan dan riff gitar macho norak, tidak sulit untuk mendengar bahawa lagu tema Triple H (dimainkan oleh Motorhead) adalah salah satu yang terbaik. Ditemani suara legenda dunia rock, Lemmy, Triple H mengukuhkan dirinya sebagai seorang bintang. Begitupun muzik ini dimainkan, Triple H (juga dikenal sebagai “The Game”) langsung berubah menjadi karakter seperti bos terakhir dalam sebuah video game.

4.John Cena

John Cena adalah bintang terbesar yang WWE punyai semenjak The Rock, dan salah satu yang terbaik sepanjang masa. Tapi muzik Cena tidak meraih populariti sebelum lagu ini menjadi viral di media sosial, tepatnya ketika “Unexpected Cena” menjadi hit viral di musim panas 2015. Kini, lagu intro Cena—yang bahagian rapnya dia lakukan sendiri menjadi pengetahuan umum bagi siapapun yang biasa dengan YouTube, dan menjadi cerita berjaya untuk ahli gusti yang menyanyikan sendiri lagu tema mereka.

3.The Undertaker

Dalam sebuah acara sukan hiburan yang kadang mirip sinetron, emosi kerap meluap ketika plot sedang mencapai klimaks. Tapi ketika muzik Undertaker yang dimainkan di setingan acara final seperti Wrestlemania, adegan masuk Undertaker ke ring yang membuatkan tulang bergetar terasa sangat mematikan seiring dia berjalan ditemani bunyi organ gereja dan lesatan petir. Ramai yang mengatakan cara seorang ahli gusti masuk biasa menentukan nasib kariernya, dan lagu tema The Undertaker yang mengerikan adalah sebahagian besar kenapa pengenalan karakternya adalah salah satu yang paling ikonik sepanjang masa.

2.The Rock

Setelah Dwayne “The Rock” Johnson meninggalkan WWE di awal 2000an untuk mencoba menjadi bintang film, penampilannya di dunia gulat profesional menjadi langka, semacam momen “superstar”. Dan tidak ada yang mewakili ketenarannya seperti versi Hollywood dari lagu temanya yang epik, pertama kali digunakan pada 2003. Kamu tahu lagu ini spesial begitu mendengar bunyi organ yang mengembung. Lagu tema WWE sering dimodel berdasarkan lagu sukses lainnya (contoh, lagu tema bintang Smackdown Live saat ini, Carmella adalah tiruan dari “Fancy”nya Iggy Azalea.) Dalam kasus ini, build-up selama semenit di awal intro The Rock menyerupai build up di “Sirius”nya Alan Parsons Project, yang sempat digunakan WWF sebagai lagu tema pegulat legendaris Ricky “The Dragon” Steamboat dan juga digunakan sepanjang 90an sebagai lagu pengenalan Chicago Bulls dalam pertandingan. Ini cocok sih, karena sumbangsih the Rock terhadap WWE mirip seperti Michael Jordan yang menjadi legenda basket.

1.“Stone Cold” Steve Austin

Muzik intro “Stone Cold” Steve Austin mengubah makna gelas pecah bagi kebanyakkan orang di era 90an. Suara yang seolah menyiapkanmu untuk mengatakan “Anjing, bakal menerkam ini” tersebut menyiratkan bahwa seseorang akan diajar oleh The Rattlesnake. Austin, protagonis utama ahli profesional ini di salah satu era terbaik mereka, adalah seorang lelaki kejam yang doyan mengejek dan menghalangi rencana-rencana jahat Vince McMahon. Sama seperti cerita lampu sorot Batman, lagu tema Austin menandakan bukan hanya kita dijamin menyaksikan melihat pertarungan epik antara ahli gusti pro. Kebaikan selalu menang melawan kejahatan. Itulah sebabnya, muzik yang mengiringi kedatangan Stone Cold kami nobatkan sebagai lagu tema ahli gusti terbaik sepanjang sejarah.

Leave a Reply